oleh

Maksimalkan Potensi Donor Darah, PMI Pasbar Gelar Rakor Dan Apresiasi Kelompok Donor Darah Sukarela

Pasaman Barat | Sumbartoday.co.id–   Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Bidang Donor Darah, gelar Rapat Koordinasi (Rakor) sebagai bentuk pengelolaan dan penanganan pelayanan kebutuhan darah di Kabupaten Pasaman Barat, Senin (7/8). Pada Rakor pertama di tahun 2023 PMI Kabupaten Pasaman Barat itu, PMI juga memberikan apresiasi kepada kelompok donor darah dari berbagai instansi, yang berlangsung di Rumah Dinas Wakil Bupati Pasbar.

Rakor dihadiri oleh 42 kelompok donor darah sukarela, Kepala Dinas Kesehatan Pasbar Hajran Huda serta pengurus PMI Kabupaten Pasaman Barat.
Dalam kesempatan itu, PMI Pasbar memberikan apresiasi yang tinggi kepada kelompok donor darah sukarela dengan memberikan sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat Risnawanto.

Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat Risnawanto mengatakan Rakor ini digelar untuk meningkatkan kemanusiaan di Kabupaten Pasaman Barat, karena donor darah ini tidak bisa hanya dilakukan oleh PMI saja, namun perlu kerjasama dari semua pihak.

“Maka hari ini ada 42 kelompok donor darah sukarela yang digabungkan dalam tiga unit yakni, unit donor darah dari perusahaan, unit donor darah dari instansi pemerintah dan unit donor darah dari masyarakat,” katanya.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua kelompok donor darah sukarela yang telah membantu sesama manusia terutama warga Kabupaten Pasaman Barat.


“Dengan meluangkan waktu mengikuti Rakor saja, itu sudah menunjukkan kepedulian kepada masyarakat Pasbar terutama yang membutuhkan darah. Apa yang kita lakukan hari ini diharapkan terus meningkatkan dan memenuhi permintaan darah dari masyarakat. Karena target kita di tahun 2023 ini sebanyak 4000 kantong, dan sampai saat ini sudah tercapai sebanyak 2.105 kantong. Artinya kebutuhan masyarakat kita diyakini juga meningkat. Untuk itu, perlu kerjasama dan kekompakan kita untuk meningkatkan itu semua,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Rida Warsa melaporkan bahwa rapat koordinasi yang digelar tersebut sebagai bentuk pengelolaan dan penanganan pelayanan kebutuhan darah di Kabupaten Pasaman Barat. Ia menambahakan, bahwa Rakor pertama di tahun 2023 PMI Kabupaten Pasaman Barat itu juga digelar untuk memberikan apresiasi kepada pendonor darah dari berbagai instansi.

“Makanya hari ini kita mengapresiasi kelompok donor darah sukarela dengan memberikan sertifikat,” jelasnya.

(RU)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed