oleh

Ketua TP-PKK Pasaman Barat Resmi Buka Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2024

-BERITA-186 Dilihat

Pasbar, sumbartoday.co.id–

 

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Ny. Titi Hamsuardi membuka secara resmi kegiatan Lomba Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Berprestasi Tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2024 diAula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Selasa (7/5). Kegiatan lomba diikuti sebanyak 11 (sebelas) orang kader berprestasi dari masing-masing kecamatan yang ada di Pasbar.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi menjelaskan, kegiatan Posyandu tidak hanya fokus pada kegiatan kesehatan ibu dan anak serta gizi dan KB saja, tetapi juga pada perkembangannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Seperti, adanya bina keluarga balita, pendidikan anak usia dini, ekonomi keluarga, koperasi, keagamaan, penyuluhan pengendalian penyakit menular, perilaku hidup bersih dan sehat serta lainnya. Sehingga saat ini Posyandu tidak hanya melaksanakan 7 langkah di Posyandu saja, namun diharapkan Kader Posyandu mampu menciptakan inovasi untuk mengatasi permasalahan yang ada di Posyandu masing-masing,” jelas Ny. Titi Hamsuardi.

Dalam kegiatan lomba, Ny. Titi Hamsuardi meminta kepada para kader untuk menampilkan dan menceritakan keadaan Posyandu masing-masing yang telah dibina selama ini dengan inovasi-inovasi yang ada, sehingga menjadi pertimbangan bagi penilai untuk menjadi Perwakilan Kabupaten Pasaman Barat di Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Adapun 7 langkah yang harus dilaksanakan dalam lomba ini yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan, peningkatan ekonomi dan pemanfaatan lahan pekarangan dan untuk penambahannya sendiri mengatasi masalah yang umum terjadi, yaitu masih rendahnya jumlah kunjungan di Posyandu. Untuk itu, pada Posyandu dibantu pokjanal di nagari harus mampu mencarikan solusinya,” terangnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah membantu dan memfasilitas kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik. Ia juga mengucapkan selamat kepada para kader Posyandu yang sudah terpilih menjadi utusan dari kecamatannya masing-masing.

“Silakan tampilkan yang terbaik. Ceritakanlah bagaimana keadaan Posyandu ibu-ibu kader dengan menarik. Apa yang sudah dilakukan di Posyandu dan apa kendala serta solusi yang sudah dilakukan, sehingga menjadi pertimbangan dari tim penilai agar para kader bisa terpilih menjadi perwakilan Pasbar di Tingkat Provinsi Sumbar,” katanya.

Di akhir sambutannya, Ny. Titi Hamsuardi mengingatkan kepada para dewan juri yang akan memberikan penilaian kepada kader Posyandu, agar bersifat adil dan objektif. Sehingga pemenang dari lomba ini benar-benar berkompeten dan maju ke tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 27 hingga 28 Mei 2024.

Sementara itu, Sekretaris DPMN Pasbar Saikhul Putra menjelaskan tujuan kegiatan lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2024 adalah untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan kader dalam pengelolaan dan pelayanan Posyandu, memperkuat peranan Posyandu kabupaten dan Posyandu kecamatan dan nagari dalam mengelola posyandu serta memperkuat silaturahmi pengelola dan Kader Posyandu usia Kabupaten Pasaman Barat.

“Lomba Kader Posyandu Berprestasi ini nantinya akan dipilih 3 orang terbaik untuk selanjutnya dilakukan penilaian lapangan. Setelah penilaian akan dipilih satu terbaik dari 3 yang dipilih untuk dilakukan pembinaan dan menjadi perwakilan Kabupaten Pasaman Barat pada lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2024 nanti,” jelasnya.  (alda)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed