oleh

Koper Haji Diantarkan ke Kankemenag Pasbar

Pasaman Barat, Sumbartoday.co.id | Walau jadwal pengantaran koper (tas besar) dibawa setiap jemaah hari Sabtu dan Minggu, 18-19 Mei 2024 besok. Namun sebagian di antara jemaah telah mengantarkan koper mereka hari ini (Jumat, 17 Mei 2024-red)).

“Hari ini, sebanyak 20 koper jemaah calon haji telah diantarkan jemaah atau anggota keluarga mereka di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, dan diterima panitia penyelenggara haji Pasaman Barat”, kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, di ruang kerjanya, Jumat siang.

Seluruh koper haji jemaah disusun secara rapi di ruang lobi Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat. Sesuai jumlah jemaah Calhaj Pasaman Barat, koper yang harus diantarkan setiap jemaah atau melalui anggota keluarganya ke Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat sebanyak 331 unit.

Jumlah koper ini, ulasnya sesuai jumlah Calhaj dari Pasaman Barat yang tergabung dalam jemaah Kelompok Terbang (Kloter) VIII Mess Padang. Secara keseluruhan jemaah Kloter VIII berjumlah 393 orang,. Berarti Calhaj Pasaman Barat ditambah sebanyak 54 orang dari Kota Padang, dilengkapi dengan delapan orang petugas haji.

Dari delapan orang petugas haji di jemaah Kloter VIII, terang Suharjo lagi, lima orang di antaranya sebagai petugas Kloter, yaitu seorang ketua Kloter, yaitu Ikrar Abdi dari Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, satu orang petugas ibadah atau sebagai pembimbing ibadah haji, yaitu Sufrinas, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat.

Satu orang sebagai dokter kesehatan, yaitu Cori dari Kabupaten Solok, dua orang sebagai perawat, yaitu satu orang dari Pasaman Barat, dan satu orang lagi dari Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu, tiga orang sebagai petugas haji daerah, yaitu Hendra Putra (Sekretaris Daerah Pasaman Barat), Kabag Kesra Setda Pasaman Barat, Hartasani, dan Direktur RSUD Pasaman Barat, Yandri.

Setelah seluruh koper haji jemaah terkumpul di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, jelas Suharjo, hari Senin, 20 Mei 2024 koper haji dari Pasaman Barat akan diangkut ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM), dan selanjutnya diserahkan kepada pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways.

Setelah jemaah dari Pasaman Barat, Senin pagi lusa diantarkan ke Asrama Haji Embarkasi Padang. Sidang harinya koper besar jemaah ini diangkat bersama dua unit truk, langsung menuju bandara. Artinya seluruh koper besar haji ini akan diterima setiap jemaah, setelah mereka berada di Madinah.

Mumpung masih ada waktu dan kesempatan, tambah Suharjo, agar koper besar jemaah tidak dibongkar secara paksa oleh petugas haji di BIM, pihaknya minta setiap jemaah untuk jangan memasukkan barang terlarang ke dalam koper besar. Di antara barang yang dilarang adalah, power bank atau alat pencas HP, pisau, gunting, bahan cairan, dan sebagainya. (gmz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed