oleh

Wabup Risnawanto Hadiri Rapat Sosialisasi DAK Fisik Tahun 2023 DTPH Pasbar

-BERITA-634 Dilihat

Pasaman Barat, Sumbar Today–  Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menghadiri rapat sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2023 pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (4/5). DAK fisik tersebut mencapai 16 paket dengan anggaran Rp 3,2 miliar.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula DTPH Pasbar itu dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasbar, Doddy San Ismail serta pejabat dinas terkait dan para kelompok tani.

Dalam rapat, Wakil Bupati Risnawanto mengatakan bahwa DAK fisik bidang pertanian adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan pemenuhan sarana prasarana di bidang pertanian yang merupakan urusan daerah sesuai dengan prioritas nasional.

“Kita patut bersyukur dengan bantuan DAK fisik ini. Bentuk syukur kita adalah dengan fokus melakukan pekerjaan sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan,” kata Risnawanto.

Wabup Risnawanto juga berharap pembangunan yang dikerjakan pada tahun 2023 ini harus dilakukan dengan maksimal. Sehingga bantuan dari pemerintah pusat dapat berlanjut di tahun mendatang.

“Jika ada kendala atau tidak lancar pembangunan maka tahun depan bantuan dari pusat akan tersendat. Untuk itu, melalui pertemuan dengan kelompok tani ini, mari kita bekerjasama untuk menyelesaikan pengerjaan secara maksimal,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pasaman Barat, Doddy San Ismail menjelaskan kegiatan rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier terdapat sebanyak 6 kelompok tani yakni 1 kelompok tani yang berada di Kecamatan Ranah Batahan, 2 kelompok tani di Kecamatan Kinali, dan 3 kelompok tani di Kecamatan Talamau.

Ia menambahkan kegiatan Pembangunan Jalan Usaha Tani Sektor Tanaman Pangan pada Kecamatan Kinali sebanyak 4 kelompok tani, Kecamatan Luhak Nan Duo 1 kelompok tani, dan Kecamatan Talamau 1 kelompok tani.

Selain itu, untuk Kegiatan Pembangunan Jalan Usaha Tani sektor Hortikultura sebanyak 5 kelompok tani, yang berada pada Kecamatan Talamau 3 kelompok tani, Kecamatan Pasaman 1 kelompok tani, dan Kecamatan Luhak Nan Duo 1 kelompok tani.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed