oleh

Buka Forum Konsultasi Publik RKPD 2025, Suhatri Bur: ” Diharapkan Dapat Menjadi Media Pembentukan Komitmen Bagi Seluruh Stakeholder”

Parit Malintang | Bupati Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2025, di Hall IKK kabupaten Padang Pariaman, Kamis (15/02).

Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan awal yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Mendorong pertumbuhan sektor pertanian, pariwisata UMKM serta peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD mengamanatkan kepada kita untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah.

“Kegiatan ini merupakan tahapan awal dalam merumuskan rencana pembangunan tahunan dengan pendekatan partisipatif yaitu dengan melibatkan semua stekholder terkait. Dengan memahami tahapan proses penyusunan perencanaan yang sesuai dengan peraturan, kita dapat menyadari arti penting mengapa forum konsultasi publik pada hari ini dilaksanakan” ujarnya.

Bupati Suhatri Bur juga mengharapkan forum konsultasi publik ini dapat dijadikan untuk menyampaikan aspirasi atau masukan serta saran dari masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan sehingga dapat mewujudkan perencanaan Partisipatif yang bersifat Bottom Up untuk kesempurnaan RKPD Tahun 2025.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Masri, melaporkan bahwa tujuan konsultasi publik rancangan awal RKPD kabupaten Padang Pariaman ini adalah untuk mendapatkan masukan yang lebih menitik beratkan pada aspek penyempurnaan atas rancangan awal RKPD Padang pariaman tahun 2025 dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan di tahun 2025.

“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen dari seluruh stakeholder yang ada. Pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD),” ucap Masri.

Masri juga menambahkan bahwa peserta yang hadir dalam kegiatan ini yang terdiri dari unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, seluruh perangkat daerah dan Camat se Kabupaten Padang Pariamani

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda Kabupaten Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis, Ketua PKK Padang Pariaman Yusrita, Direktur RSUD Padang Pariaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed