oleh

Kwarcab Pasbar Lakukan Sosialisasi Dan Kerjasama Dengan Bank Mandiri Dalam Pembuatan KTA Pramuka

-BERITA-294 Dilihat

Pasbar, sumbartoday.co.id–

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pasaman Barat melakukan Sosialisai dan Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan Bank Mandiri tentang Layanan Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Kartu Tanda Anggota (KTA) Pramuka, di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu (20/3).

Ketua Kwartir Cabang Pramuka 0317 Pasaman Barat, Risnawanto menjelaskan pada tahun 1920 para anggota Pramuka berperan besar dalam menggalang semangat persatuan. Di awal kemerdekaan, para anggota pramuka berperan besar dalam menggelorakan semangat bela negara. Ia menilai sangat relevan apabila pada saat ini peranan tersebut dapat lebih ditingkatkan, salah satunya dengan adanya kerjasama dengan Bank Mandiri ini.

“Penggunaan Kartu Tanda Anggota yang sekaligus berfungsi sebagai kartu ATM yang akan kita kerjasamakan bersama Bank Mandiri ini merupakan bentuk inovasi dalam kemajuan Gerakan Pramuka di tengah kemajuan teknologi saat ini,” katanya.

Ia melanjutkan, banyak hal yang bisa didapatkan dan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan perbankkan, di samping penggunaan lain yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan adik-adik anggota Pramuka nantinya.

“Beberapa Perguruan Tinggi Negeri telah memberikan peluang terhadap anggota Pramuka yang aktif dan berprestasi di bidang kepramukaan untuk diterima langsung sebagai mahasiswa melalui jalur kepramukaan. Tentunya, kesempatan ini jangan dibiarkan berlalu demi masa depan anggota Pramuka,” ujar Risnawanto.

Untuk itu, ia meminta para Kepala Sekolah agar dapat memberikan motivasi kepada seluruh siswa di sekolahnya untuk aktif menjadi anggota Pramuka. Karena peluang untuk diterima di Perguruan Tinggi menjadi lebih besar tanpa melalui jalur tes karena prestasi di Pramuka.

“Mari kita ubah paradigma sebagian orang yang masih menganggap bahwa mengikuti kegiatan Pramuka tidak mendatangkan banyak manfaat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka.

“Ucapan terima kasih ini terutama kami sampaikan kepada kakak-kakak Pengurus Kwarcab dan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka, kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong dan Instruktur Gerakan Pramuka se-Pasaman Barat. Tanpa bantuan mereka semua, tidak mungkin revitalisasi Gerakan Pramuka Pasaman Barat dapat dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu, Muhammad Tamrin Pimpinan Cabang Bank Mandiri mengatakan bahwa penertiban Kartu Tanda Anggota (KTA) yang akan diluncurkan merupakan sebuah produk yang sekaligus bisa digunakan sebagai ATM. Karena KTA bisa digunakan oleh seluruh anggota Pramuka maka saldo minimal Rp 5 ribu.

KTA dan kerjasama ini mendapatkan dukungan dari Muhammad Yusuf Putra, SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat selaku Ketua Majelis Pembimbing Rintisan Saka Adhyaksa Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, S.IK Kapolres Pasaman Barat selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara Pasaman Barat. Dukungan juga diberikan oleh pihak-pihak yang hadir dalam kesempatan itu.

Dalam kesempatan itu hadir Agusli, S.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat selaku Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat yang dalam hal ini diwakili oleh kakak Gusnifar Madjo Sadeo, MA selaku anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat.

Kakak Efri Syahputra, S.Ag., M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman selaku anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, kakak-kakak unsur Pimpinan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, kakak-kakak Andalan Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, kakak-kakak Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan se-Kabupaten Pasaman Barat.  (alda)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed